Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Rokok adalah silinder dari kertas yang panjang ukuran sekitar ukuran 120 milimeter dengan diameter 10 milimeter yang berisi daun – daun tembakau yang sudah dicacah. Benda ini tidak bisa dimakan tetapi bisa dinikmati dengan  cara dihisap dan sebelumnya dinyalakan dulu ujug rokok dengan pemantik api (korek api).

Ada dua jenis rokok , yaitu rokok yang berfilter dan tidak berfilter. perbedaannya adalah rokok berfilter terbuat dari bahan busa serabut sintesis yang berfungsi untuk menyaring nikotin dan rokok yang tidak berfilter tidak ada penyaring nikotinnya.

Tembakau adalah genus tanaman yang berdaun lebar berasal dari daerah Amerika Utara dan Amerika selatan. Daun dari pohon ini sering digunakan sebagai bahan baku rokok, baik dengan menggunakan pipa maupun digulung dalam bentuk rokok atau cerutu. Daun tembakau dapat pula dikunyah atau dikulum, dan ada pula yang menghisap bubuk tembakau melalui hidung. Tembakau mengandung zat Alkaloid nikotin, sejenis neurotoxin yang sangat ampuh jika digunakan pada serangga. Zat ini sering digunakan sebagai bahan utama insektisida.

Nikotin adalah sebuah senyawa kimia organik, sebuah alkaloid yang ditemukan secara alami di berbagai macam tumbuhan seperti tembakau dan tomat. Nikotin merupakan 0,3 sampai 5% dari berat kering tembakau yang berasal dari hasil biosintesis di akar dan diakumulasikan di daun. Nikotin merupakan racun syaraf yang potensial dan dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida. Pada konsentrasi rendah, zat ini dapat menimbulkan kecanduan khususnya pada rokok. Nikotin memeiliki kemampuan karsinogen terbatas yang menjadi penghambat kemampuan tuubuh untuk melawan sel-sel kanker, tetapi nikotin tidak menyebabkan perkembangan sel-sel sehat menjadi sel-sel kanker.

Biasanya rokok dikonsumsi oleh orang – orang dewasa, tetapi pada jaman sekarang bukan hanya orang dewasa dan laki – laki saja yang merokok, tetapi banyak juga wanita dan anak-anak tingkatan sekolah yang mengkonsumsinya.

Padahal ada banyak sekali penyakit yang bisa ditimbulkan oleh rokok itu sendiri, tidak hanya berdampak buruk pada kita sendiri tetapi pada orang disekitar kita juga bisa berdampak buruk.

Gambar

Gambar diatas ini merupakan contoh hasil otopsi dan pemeriksaan organ pasien kanker paru-paru stadium lanjut. Ada sebuah istilah yang saya dengar dari teman saya, “Merokok atau tidak merokok sama saja akan tetap mati” , tapi mengapa anda tidak berusaha supaya nikmat sehat ini tetap dapat dinikmati sampai ajal menjemput? renungkanlah buat para perokok, semoga sedikit demi sedikit bisa sadar untuk mulai hidup sehat.

Berikut adalah beberapa dampak bahaya merokok bagi tubuh manusia :

  1. Reproduksi dan fertilitas : pengaruh dari merokok terhadap reproduksi dan kesuburan itu cukup fatal. Merokok dapat meningkatkan resiko impotensi, mengurangi jumlah spermadan menyebabkan kanker testis.
  2. Mulut dan gigi : Merokok dapat menyebabkan bau mulut dan gigi bernoda, hal ini juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan indra perasa.
  3. Kulit : Merokok juga mengurangi jumlah oksigen ke kulit kita sehingga dapat mempercepat penuaan dan kulit tampak abu-abu.
  4. Tulang : Merokok dapat menyebabkan tulang lemah dan cepat rapuh. Terutama pada wanita, 5-10% lebih mungkin untuk menderita osteoporosis dibandingkan non-perokok.
  5. Perut : Merokok dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker perut, resiko kanker ginjal,pankreas dan kandung kemih.
  6. Paru – paru : Merokok dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). PPOK adalah penyakit progresif yang membuat orang jadi susah bernafas. Banyak perokok bahwa mereka telah terkena penyakit ini hingga sudah terlambat.
  7. Jantung : Karbon monoksida dari rokok mencuri oksigen darah dan mengarah pada pengembangan kolesterol mengendap di dinding arteri. Efek ini meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Banyak sekali bahaya yang bisa ditimbulkan bukan?
dan lagi semua penyakit yang ditimbulkan bisa dibilang penyakit parah.
semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan kita semua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s